Apakah Penggantian Makanan Ide Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan?


Pikirkan alasan nomor satu mengapa orang kelebihan berat badan saat ini. Orang yang kelebihan berat badan termasuk dalam salah satu dari dua kategori berbeda.

Entah mereka memiliki gaya hidup yang tidak sehat – bekerja berjam-jam, makan sepanjang waktu, tidak cukup berolahraga – atau mereka makan terlalu banyak, seringkali dengan cara kompulsif.

Jenis makan ini – makan ketika seseorang tidak lapar, misalnya, atau makan karena alasan emosional daripada kelaparan fisik – benar-benar jenis kecanduan. Itu harus dipahami sebagai kecanduan, dan memang sering demikian.

Misalnya, grup Overeaters Anonymous berfungsi pada banyak prinsip yang sama seperti AA atau program dua belas langkah lainnya. Makan berlebihan diperlakukan seperti kecanduan karena memang itulah yang terjadi.

Tetapi jika itu masalahnya, mudah untuk melihat mengapa kecanduan ini mungkin lebih sulit diobati daripada yang lain. Cara mengatasi kecanduan adalah dengan menjauhi perilaku yang tidak terkendali – pecandu alkohol tidak dapat menyentuh alkohol, misalnya. Idenya adalah untuk tidak melakukannya sama sekali sampai kecanduan menjadi sesuatu di masa lalu – pada kenyataannya, bagi banyak pecandu, mereka tidak akan pernah bisa menikmati perilaku kecanduan mereka lagi, bahkan sekali pun.

Namun, dengan kecanduan makanan, itu jelas mustahil. Orang-orang harus makan – tidak ada jalan keluar darinya. Itulah sebabnya kecanduan makanan, meskipun kecanduan zat yang tidak mematikan, mungkin yang paling sulit dihadapi. Dan itu juga mengapa perusahaan seperti Slim-fast, yang memproduksi dan memasarkan pengganti makanan untuk digunakan orang saat berdiet untuk menurunkan berat badan, benar-benar berhasil dalam membantu beberapa orang.

Gagasan di balik penggantian makan adalah bahwa Anda tidak benar-benar makan sama sekali selama sebagian besar hari – sebagai gantinya, Anda memiliki shake khusus atau produk lain yang memberi Anda semua nutrisi yang Anda butuhkan, dan menghentikan Anda dari rasa lapar. Ini bekerja dalam dua cara: pertama, ia mengontrol kalori yang Anda ambil, karena penggantian makanan cukup rendah kalori. Kedua, itu memutus siklus perilaku adiktif karena Anda tidak benar-benar makan. Anda dapat melepaskan diri dari perilaku seperti halnya pecandu alkohol (dan harus) melepaskan diri dari alkohol, dan itu memberi Anda peluang yang lebih baik untuk menghentikan proses kecanduan.

Meskipun sebagian besar rencana penggantian makanan merekomendasikan Anda makan satu makanan ‘normal’ per hari, beberapa orang yang serius menurunkan berat badan tidak melakukan hal itu. Itulah tepatnya bagaimana Oprah Winfrey pernah kehilangan banyak berat badan – sekitar lima puluh pound. Dia mengatakan bahwa dia merasa lebih mudah untuk tidak makan sama sekali (hidup dari getar dan bar pengganti makanan) daripada mengontrol makannya. Ketika Anda tahu bahwa Anda tidak akan makan ‘makanan sungguhan’ sama sekali untuk sementara waktu, itu mengeluarkan dugaan. Semuanya menjadi sangat mudah, dan itu adalah fakta bahwa banyak orang kehilangan berat badan menggunakan metode penurunan berat badan ini.

Namun ada beberapa kekurangan. Untuk satu hal, sementara program penurunan berat badan seharusnya mengajarkan Anda tentang cara makan selama sisa hidup Anda – untuk membangun kebiasaan sehat, dengan kata lain – menggunakan pengganti makanan jelas tidak melakukannya. Setelah Anda kembali makan makanan nyata, Anda mungkin menemukan bahwa masalah Anda dengan mengendalikan asupan makanan Anda masih ada. Meskipun Anda akan kehilangan berat badan, Anda lebih mungkin untuk mendapatkannya kembali jika Anda belum mempelajari kebiasaan makan yang sehat.

Juga, ada bahaya bahwa beberapa orang akan terus menggunakan pengganti makan untuk waktu yang lama, hanya karena lebih mudah dan lebih nyaman. Berpikir mereka dirancang untuk memberikan Anda tingkat minimum kalori dan nutrisi, bilah pengganti makanan tidak dapat menggantikan makanan nyata dalam waktu lama.

Namun, jika Anda tahu atau curiga bahwa masalah Anda dengan makanan menyerupai kecanduan atau paksaan, mungkin ada baiknya Anda memikirkan penggunaan pengganti makanan untuk sementara waktu untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk membuat waktu yang Anda habiskan menggunakannya seproduktif mungkin. Benar-benar menyesuaikan diri dengan perilaku masa lalu Anda, dan pelajari bagaimana rasanya menjadi kenyang tetapi tidak diisi. Mencari tahu jawaban untuk ini dan aspek-aspek lain dari makan sehat akan membantu membuat berat badan Anda permanen.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*